Piala Eropa 2016: Kompetisi Ketat Paska Liga Eropa

Piala Eropa 2016: Kompetisi Ketat Paska Liga Eropa

Piala Eropa 2016: Kompetisi Ketat Paska Liga Eropa 

Berita tentang sepak bola dunia semakin mengasyikkan menjelang berakhirnya tahun 2015. Sebabnya adalah penantian dari para penggemar sepakbola untuk beberapa ajang kompetisi yang akan diselenggarakan tahun depan. Selain Euro 2016, ajang kompetisi yang patut untuk ditunggu adalah Liga Eropa. Putarannya sudah berlangsung dari awal tahun ini.

Jadwal Ketat Liga Eropa

Dibandingkan dengan Liga Champions, Liga Eropa cenderung dianggap kurang menarik. Bahkan liga ini kerap disamakan sebagai ajang kompetisi kelas dua yang kurang begitu menarik perhatian. Tapi apa benar demikian? Fakta yang tak bisa disangkal adalah kehadiran dari tim-tim kuat dalam ajang kompetisi ini. Jadi, tidak ada alasan untuk mengabaikan pentingnya jadwal yang akan diselenggarakan dalam putaran ketat Liga Eropa nanti.

Perkembangan kompetisi Liga Eropa sampai menjelang akhir tahun cukup diminati oleh para penggemar sepakbola. Pengundian telah dilakukan pada 15 Desember 2014 lalu. Dilanjutkan dengan babak berikutnya pada Januari tahun ini yang diramaikan oleh bursa transfer musim panas. Ada kesempatan bagi setiap klub untuk memperkuat masing-masing skuadnya dengan kekuatan baru.

Menjelang berakhirnya Februari, leg pertama sudah dimulai. Disusul oleh pertandingan di pekan berikutnya dalam putaran leg ke-dua. Putaran ini dilangsungkan untuk menentukan tim-tim yang akan berlaga dalam babak 16 besar. Dua putaran leg di bulan ini menghasilkan beberapa perwakilan dari Italia, Inggris, dan Spanyol. Italia diwakili oleh Fiorentina, AS Roma, Inter Milan, Napoli, dan Torino. Inggris hanya menyisakan Everton yang melaju pada babak selanjutnya. Sedangkan Sevilla dan Villareal memastikan masuk pada babak 16 besar.

Dari tanggal 12 sampai 19 Maret, dilangsungkan fase berikutnya untuk menuju babak perempat final. Hasilnya adalah empat pertemuan dari masing-masing pertandingan antara Sevilla vs Zenit, Dnipro vs Club Bregge, Dynamo Kiev vs Fiorentina, dan Wolfsburg vs Napoli. Babak perempat final pun diselenggarakan pada 17 April dan 23 April. Hasil dari empat laga tersebut meloloskan Napoli, Dnipro, Sevilla, dan Fiorentina. Bulan Mei tanggal 28, final pun mempertemukan antara Dnipro dan Sevilla.

Menjelang Kompetisi Ketat Piala Eropa 2016

Kini, perhatian publik sepakbola pun terarah pada kompetisi ketat Piala Eropa 2016. Selepas pertandingan panjang antara berbagai klub dari perwakilan liganya, penyelenggaraan Piala Eropa 2016 akan berlangsung di Prancis. Setiap pendukung dari perwakilan negara yang akan bertanding pun berharap bahwa tim nasionalnya bisa memberikan yang terbaik.

Hasil drawing babak penyisihan grup pun telah diumumkan pekan lalu. Hasilnya adalah enam grup yang ditempati oleh empat tim nasional yang masing-masing akan bertanding satu sama lain. Grup A dihuni oleh Prancis, Rumania, Albania, dan Swiss. Peluang terbesar dipegang oleh Prancis yang sekaligus menjadi tuan rumah. Penempatan Prancis di grup ini juga cukup menguntungkan meski tiga lawan lainnya bukanlah tim yang bisa dianggap remeh.

Sementara itu, Grup B ditempati oleh Inggris, Rusia, Wales, dan Slovakia. Di sinilah tim nasional Inggris menjadi salah satu yang difavoritkan. Lolos dalam babak kualifikasi dengan persentase seratus persen adalah prestasi yang sangat membanggakan. Namun mereka juga akan bertemu dengan Wales yang jauh-jauh hari sudah mengantisipasinya. Wales adalah ancaman bagi Inggris karena tim ini diperkuat oleh sejumlah pemain yang sudah mengenal pola permainan ala Inggris dengan sangat baik. Kehadiran Wales pun diwaspadai oleh tim nasional Inggris yang tak ingin mengendorkan kekuatan mereka sampai mencapai target paling maksimal.

Grup C ditempati oleh tim kuat Jerman. Tiga lawannya adalah Irlandia Utara, Polandia, dan Ukraina. Spanyol, Kroasia, Turki, dan Republik Ceko menempati Grup D. Grup ini mengunggulkan Spanyol sebagai peringkat pertama, namun harus mewaspadai kekuatan dari tim-tim lawan yang sangat sulit untuk diprediksi. Grup E ditempati oleh Belgia, Italia, Republik Irlandia, dan Swedia. Grup F dihuni oleh Portugal, Islandia, Austria, dan Hungaria. Grup E disebut-sebut sebagai kelompok neraka karena masing-masing tim punya kekuatan yang sangat mengancam satu sama lain. Meski Italia sangat diunggulkan, mereka belum tentu bisa meraih poin maksimal apalagi ada tim nasional Belgia yang tampil sangat mengesankan selama babak kualifikasi. Oleh sebab itu, setelah putaran Liga Eropa dan Champions, kini Piala Eropa 2016 pun sangat ditunggu-tunggu sebagai berita tentang sepak bola dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *